Sabtu, 19 Maret 2011

TOEFL TIPS & TRICKS

STRUCTURE AND WRITTEN EXPRESSION

Structure and Written Expression adalah bagian kedua yang diujikan dalam ujian TOEFL. Ini dimaksudkan untuk mengetahui kompetensi Anda dalam hal Tata Bahasa di dalam bahasa Inggris. Pertanyaaan yang diujikan dalam bagian ini sebanyak 40 soal yang dibagi ke dalam dua model, yaitu structure question dan wriiten expression questions. Durasi waktu yang disediakan hanya selama 25 menit..

STRUCTURE

Model pertama structure questions terdiri dari lima belas pertanyaan, yaitu terdapat pada soal nomor 1 sampai 15. bagian pertama ini digunakan untuk menguji kemampuan Anda dalam memahami struktur kalimat dalam bahasa Inggris secara benar.
Pengujian pada model ini menggunakan format structure completion, yaitu pada lembar soal, Anda akan menjumpai bagian kalimat yang masih kosong/belum lengkap. Anda harus melengkapinya dengan salah satu dari empat pilihan jawaban (A, B, C atau D) yang tersedia.

Contoh :
Young children ....................playing active games such as chasing, hide and seek, and tag.
(A) enjoy
(B) enjoys
(C) enjoying
(D) does enjoy

Anda harus memilih salah satu dari keekmpat jawaban tersebut yang paling tepat. Pada kalimat di atas, Anda harus mengidentifikasikan kekurangan dari kalimat tersebut. Pilihan yang paling mungkin adalah (A) dan (B), tetapi children mengacu pada kata benda jamak, sehingga (B) tidak bisa diterima maka jawaban yang tepat adalah (A).

WRITTEN EXPRESSION
Model ini meliputi dua puluh lima pertanyaanya terdapat mulai soal nomor 16 sampai 40. bagian ini terutama ditujukan untuk mengetahui kemampuan dan pengetahuan Anda tentang bentuk-bentuk ekspresi yang digunakan dalam tulisan berbahas Inggris. Pada bagian ini Anda diminta untuk mengidentifikasi bagian yang tidak tepat dalam sebuah kalimat. Bagian yang tidak tepat ini terdapat pada salah satu dari empat kata atau kelompok kata yang diberi tanda garis bawah.

Contoh :
There are thousands of kinds of bacteria, most of which is harmless to humans.
A B C D

Selanjutnya Anda harus mengidentifikasikan bagian mana yang salah dari keempat kata/kelompok kata yang diberi garis bawah. Dengan pengamatan yang teliti akhirya Anda menemukan bahwa pilihan (C) merupakan komponen penyusun kalimat yang salah karena “most of which” merujuk pada noun yang jamak. Dengan demikian verb yang tepat bukanlah “is” melainkan “are”.
Berikut beberapa kunci mendasar yang harus Anda pahami dalam mengerjakan soal-soal structure and written expression..
KUNCI UMUM
I. Pahamilah bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sebelum hari H ujian.
II. Kerjakanlah soal-soal structure terlebih dahulu.
III. Lanjutkan pada soal-soal written expression.
KUNCI STRUCTURE
I. Pertama-tama perhatikan kalimat yang dipertanyakan dalam soal.
II. Perhatikan masing-masing jawaban yang tersedia, pilihlah yang paling tepat untuk melengkapi kalimat yang dipersoalkan.
III. Jangan pernah mengeliminasi sebuah pilihan jawaban dengan hanya melihat pada jawaban tanpa melihat kalimat soal.
KUNCI WRITTEN EXPRESSION
I. Pertama-tama perhatikan kata yang digarisbawahi dan temukan secara cepat bagian mana yang tidak tepat.
II. Bila soal yang Anda hadapi tidak bisa diidentifikasi hanya dengan melihat kata atau kelompok kata yang bergaris bawah, segeralah membaca kalimat secara lengkap.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates